Cara Mengatasi / Menghentikan harddisk Yang Bebunyi Click Click Click




Mungkin para sahabat Galery Catatan pernah mengalami harddisk  yang mengalai tanda-tanda mau rusak atau sudahrusak, dan biasanya di ikuti dengan berbunyi Click ... Click ... Click tanpa mau bekerja. Ingat, ini hanya jalan terakhir untuk menyelamatkan harddisk para sahabat sekalian yang mengalami hal demikian. Jika harddisk sudah tidak mau bekerja sama sekali dan kita sudah menyerah, nah baru boleh melakukan cara dibawah ini

  • Jika Harddisk berbunyi click...., kemungkinan 50 : 50 kemungkinan Harddisk bisa diperbaiki atau memang sudah rusak. Buka unit Harddisk dari Computer, masukan ke tas kantong static, tutup rapat lalu masukan ke Kulkas.
  • Biarkan sekitar 20 menit sampai 1 jam di ruang pembuat es. Pernah di coba untuk menyelamatkan data pada Harddisk (cukup 3 menit di tempat Freezer), akan tetapi ada kemungkinan Harddisk akan bertambah rusak.
  • Kemudian setelah itu keluarkan dari Frezer, dan dikeringkan dari embun airnya.
  • Setelah itu baru di nyalakan kembali pada Computer. Dan head Harddisk yang aus atau terkunci bisa kembali bekerja. Jika menemukan masalah seperti ini, secepatnya backup data.
Bagaimana mengetahui Harddisk akan rusak dan menjaga data.
  • Mungkin berdasarakan pengalaman atau mereka yang sudah pernah mengalaminya. Mengunakan Harddisk dengan sistem RAID 5 akan menjaga data tetap aman. Dari 4 Harddisk, bila satu mati maka data tetap aman karena di jaga oleh 3 Harddisk. Atau mengunakan RAID 1 dimana dibuat mirror antara kedua Harddisk secara bersamaan. Walau tidak menjamin data terakhir bisa diselamatkan bila salah satu Harddisk lainnya tidak sempat menulis data. Tapi data lama tetap aman di Harddisk lain sebagai Backup.
  • Belajarlah menjadi tekniksi Hardisk. Jika harddisk terdengar suara aneh, getaran tidak biasa, kemungkinan Harddisk mulai terjadi masalah. Backup data penting secepatnya dan siapkan Harddisk baru sebelum Harddisk total berhenti bekerja/Rusak.
  • Gunakan sistem cloud server yang diberikan gratis, dan backup secara rutin data ke cloud server. Sistem cloud server seperti Google Drive dapat melakukan backup secara berkala melalui jaringan internet. Ditambah backup melalui Flashdrive bila tidak memiliki koneksi internet akan menjaga data terakhir tetap bisa digunakan. Backup dulu datanya, atur belakangan. Mungkin itu yang penting dalam menjaga data penting dari Harddisk
Kapan Harddisk mau rusak.
  • Bila suara computer mendadak berubah, muncul suara lebih keras, agak melengking. Itu ciri Harddisk mau rusak.
  • Bila mendengar suara aneh dari Harddisk, langsung membackup data. Atau Harddisk akan benar benar tidak bisa di akses lagi.
  • Jangan membackup di Harddisk yang sama, walau memiliki drive berbeda seperti C D atau E. Pindahkan ke flashdrive, memory card atau storage lain selagi sempat.
  • Cara ini untuk berjaga jaga bila curiga Harddisk mulai mengalami gangguan. Tapi kenali masalah bahwa Harddisk yang bermasalah dan bukan OS yang membuat masalah pada Harddisk.
Itu hanya beberapa upaya mencegah kerusakaan data pada Harddisk. Masih ada cara lain dalam melakukan backup harddisk seperti mengunakan perangkat NAS di rumah atau dikantor, dan dibackup secara berkala melalui software dari pabrikan NAS.

Warning !! :  untuk melakukan teknik diatas para sahabat harus berani menganggung resikonya sendiri! Karena kita tidak akan bisa berhasil kalau kita tidak pernah mencoba dan pernah gagal!!!!
selamat mencoba dan berkreasi semoga apa yang kami Galery Catatan sampaikan bermanfaat!!!

Sumber “http://obengplus.com/articles/1050/1/Menghentikan-harddisk-bunyi-Click-Click-Click.html”

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Mengatasi / Menghentikan harddisk Yang Bebunyi Click Click Click
Ditulis Oleh https://galerycatatan.blogspot.com/
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Mengatasi / Menghentikan harddisk Yang Bebunyi Click Click Click ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan Artikel Ini :

3 komentar:

  1. data recovery specialit
    2b1f2abf.

    Makasih gan

    BalasHapus
  2. data recovery specialit
    2b1f2abf.

    Makasih gan

    BalasHapus
  3. siap min
    info yang bermanfaat min solder uap

    BalasHapus

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para saahabat semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih!!!

Arsip

 
StatsCrop
Page Rank Checker
My Ping in TotalPing.com