Membuat Ikon Sederhana dengan Corel Draw 12


Assalamu’alaikum para sahabat Galery Catatan sekalian masih dalam suasana ramahan nich pastinya puasa para sahabat masih gak bolong kan!!!!!!! Ok langsung saja pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial atau langkah demi langkah cara membuat membuat ikon Sederhana, Memang tampak seperti sangat mudah, ikon/logo tersebut  bisa dipergunakan untuk berbagai macam keperluan, Seperti untuk kartu nama, brosur, iklan,  dan lain-lain sebagainya.
Langkah awal, sahabat buat terlebih dahulu  ikon sederhana yang biasa, ikon Lokasi/alamat, E-mail, dan Hp.
·         Buka Corel Draw 12
·         Pertama kita membuat ikon tempat/alamat, klik Polygon Tool (Y), buat segitiga, jangan lupa ubah number pointnya menjadi tiga.
·         Kemudian ubah arah rotasi sampai sudut lancip berada di bawah, dengan caranya klik dua kali pada objek sampai muncul tanda rotasi, lalu putar objek.
·         Kemudian buat objek lagi berbentuk elips, Klik Elips Tool (F7), drag sampai membentuk objek seperti gambar di bawah.
·         Selanjutnya arahkan objek elips yang baru kita buat pada bagian atas segitiga, usahakan objek elips ditempatkan secara proporsional seperti gambar di bawah
·         Kemudian seleksi kedua objek (elips dan segitiga) dengan menekan shift lalu klik kedua objek, Lalu gabungkan objek dengan Weld.
·         Dan iika berhasil maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah;
·         Kemudian buat objek elips lagi dengan Elips Tool (F7), tetapi ukurannya lebih kecil daripada yang kita buat pertama.
·         Letakkan objek elips kecil yang baru dibuat pada bagian tengah sedikit ke atas ke objek yang baru digabungkan pada langkah 7 di atas
·         Lakukan seleksi kedua objek diatas dengan menekan shift lalu klik kedua objek, kemudian potong objek tersebut dengan Back Minus front untuk memotong bagian tengah objek dengan objek kecil yang diletakkan di tengah.
·         Jika sudah, coba warnai objek dengan warna Cyan, cara mewarnai mudah dengan mengklik warna sesuai keinginan pada Color Pallate, Klik kanan untuk mewarnai objek dan Klik Kiri untuk mewarnai outline. Jika ingin menghilangkan outline, klik kiri pada color pallate paling atas (tanda silang), biasanya Color Pallate terletak pada samping kanan lembar kerja Corel Draw.
·         Lihat gambar di bawah, Ikon Alamat rumah / alamat (Place) sudah dibuat :
·         Selanjutnya sekarang  tinggal  kita lanjutkan membuat ikon Hp.
·         Berikutnya kita buat ikon Telepon, buat persegi panjang dengan Rectangle Tool (F6), lalu ubah ketumpulan sampai 30 derajat sudut dengan mengklik Shape Tool (F10),
·         Kemudian buat lagi objek persegi lebih kecil untuk layar Teleponnya dan ubah sudutnya menjadi tumpul seperti cara diatas.
·         Seleksi dua objek yang baru dibuat, lalu Klik Back Minus Front untuk memotong objek tengah.
·         Selanjutnya kita buat tombol-tombol kecil untuk Teleponnya, buat persegi sama sisi dengan Alat Rectangle Tool (F6).
·         Kemudian ubah sudut perseginya menjadi agak tumpul dengan Shape Tool (F10), buat ketumpulan sedutnya menjadi 45 derajat.
·         Duplikat objek yang baru dibuat di langkah 13, caranya drag objek ke samping sambil menekan tombol Shift, lalu klik kanan, atau jika kesulitan tinggal klik kanan pada objek , pilih copy dan paste, duplikat objek sampai seperti gambar di bawah,
·         Untuk langkah selanjutnya kita gabungkan objek yang baru diduplikat, Seleksi objek diatas lalu klik Weld untuk menggabungkannya.
·         Letakkan objek yang baru digabung pada bagian bawah objek layar Telepon, seperti gambar dibawah
·         Seleksi kedua objek (tombol dan teleponnya) lalu klik Back Minus Front untuk memotongnya.
·         Buat antenna Telepon dengan objek persegi panjang;
·         Lalu gabungkan dengan Weld, jika sudah, seleksi objek antenna yang baru dibuat dengan telepon, lalu gabungkan lagi dengan Weld sampai membentuk objek ikon sempurna seperti gambar dibawah, hasilnya kurang lebih seperti ini :
·         Terakhir, kita akan membuat ikon Email, biasanya berbentuk Surat, Caranya mudah, Buat Segitiga dengan Polygon Tool (Y), seperti gambar dibawah
·         Kemudian duplikat objek segitiga yang baru dibuat untuk dicadangan.
·         Buat objek Persegi dengan ukuran panjang sama dengan objek segitiga yang dibuat pada langkah 19, lalu tempatkan objek segitiga pada bagian atas Persegi seperti gambar dibawah ini
·         Kemudian seleksi kedua objek, lalu Potong dengan Front Minus Back sampai membentuk potongan objek seperti gambar di bawah
·         Ambil objek persegi yang sebelumnya dicadangkan pada langkah 19, tempatkan pada bagian atas persegi yang sudah terpotong sehingga membentuk ikon surat.
·         Jika terlihat agak kurang rapi, anda bisa mengubah ukuran segitiga sesuai dengan keinginan, seperti memperkecil, mendragnya agak ke bawah atau sebaliknya sampai membentuk ikon Email yang terlihat bagus. Bila sudah terlihat rapi Lalu seleksi kedua objek tersebut, dan gabungkan dengan Weld.
·         Warnai ke tiga ikon yang kita buat sesuai dengan keinginan (kali ini saya memilih warna cyan sebgai latar belakang warna dan putih sebagai warna ikonnya), jika ingin bisa ditambahkan teks dibawahnya sesuai dengan nama ikon yang dibuat.
Icon-icon yang kami buat tersebut berguna untuk kebutuhan2 kita baik itu kartu nama, brosur ataupun web akan terlihat menarik dan punya nilai lebih daripada teks biasa, sebagai contoh, coba bandingkan antara desain kartu nama yang dibuat menggunakan ikon dengan kartu nama tanpa ikon!
Semoga Bermanfaat Bagi sahabat Galery Catatan Sekalian…!!!

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Membuat Ikon Sederhana dengan Corel Draw 12
Ditulis Oleh https://galerycatatan.blogspot.com/
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Membuat Ikon Sederhana dengan Corel Draw 12 ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan Artikel Ini :
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para saahabat semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih!!!

Arsip

 
StatsCrop
Page Rank Checker
My Ping in TotalPing.com