Mencuci Motherboard Dengan Air!!


Mencuci Motherboard Dengan Air


Para sahabat galery catatan belum mengetahui hal ini bukan. Berikut adalah tips-tips yang dapat sahabat terapkan jika mainboard/motherboard sahabat sudah mati suri atau dengan kata lain rusak, sahabat dapat mencoba hal yang sama. sahabat dapat mencuci motherboard/mainboard yang sudah lama “mati suri” atau dapat dikatakan mainboard/motherboard tersebut sudah tidak lagi dianggap sebagai hardware yang bisa dihidupkan lagi, mencuci motherboard/mainboard itu memang secara rasional tidak masuk akal, bagaimana mungkin komponen elektronika itu dicuci dengan air dirinso serta diberi sunlight untuk membuang kotoran. Tidak masuk akal memang. Namun ini bukan perkara masuk akal atau tidak, tapi ini sebuah langkah yang cukup kontraversial mengundang pro dan kontra, perkara mencuci motherboard itu sudah dikenal cukup lama. Secara elektronik mencuci motherboard itu ibarat membanjiri elektron ke komponen karena komponen yang berada di motherboard sudah mencapai titik jenuh, sehingga ketika dibanjiri elektron lewat air, komponen tersebut seperti kembali baru lagi. "Wow... Bagaimana Bisa Ya?" Hanya sahabat saja yang berani mencoba mencuci motherboard akan melihat sendiri hasilnya, dengan melakukan hasil uji dan tes mencuci 10 motherboard, setengah lebih kembali hidup normal tanpa masalah.


Perlu sahabat ketahui, tidak disarankan motherboard/mainboard yang masih normal bekerja, sahabat dapat menggunakan motherboard yang sudah dianggap tewas, dengan catatan masih bisa hidup dialiri listrik, tapi kinerjanya sangat lemah, sudah konflik, salah instruksi, juga suka restart sendiri jika dipasangi peripheral/komponen lain. Jika sahabat ingin mencoba trik ini, lepaskan baterai cmos selama beberapa minggu agar tidak ada listrik di motheboard, lepaskan heatsink, processor dan peripheral/komponen lain yang bisa dicopot.
Berikut adalah langkah-langkah untuk mencuci motherboard sahabat :

  1. Bersihkan debu yang menempel dengan kuas cat yang halus, bersihkan sampai sebersih bersihnya.
  2. Setelah menurut sahabat bersih, sahabat boleh mengguyurnya dengan air.
  3. Jika sudah diguyur dengan air sahabat boleh masukan ke dalam air, gunakan ember/baskom yang lebar, celupkan saja kemudian sahabat sikat pelan pelan dengan kuas, bersihkan pada celah-celah komponen.
  4. Gunakan deterjen pembersih seperti (Rinso, Sunlight, atau sejenisnya) untuk membuang kotoran yang masih nempel pada mainboar/motherboard sahabat. Pada bagian slot seperti PCI atau AGP sikat dengan kuas yang halus sampai benar-benar bersih.
  5. Jika sudah disabun dengan (Rinso, Sunlight, atau sejenisnya) saatnya sahabat bilas lagi dengan air, jika menurut sahabat sudah benar-benar bersih sahabat bisa mengentaskan dari air.
  6. Semprot dengan kompressor untuk membuang air di celah-celah komponen, jika tak punya kompressor sahabat bisa menggunakan hair dryer.
  7. Keringkan diterik matahari. Letakkan dengan cara miring agar air yang masih tersisa akan mengalir keluar, jika perlu sahabat menjemurnya di atas seng yang panasnya menyengat, jemur sampai benar benar kering.

Jika sahabat sudah merasa yakin mainboard/motherboard tersebut sudah benar-benar kering, segera pasang kembali ke dalam casing, pasangkan semua komponen-komponennya juga. Mungkin sahabat muncul pertanyaan "Bagaimana jika hal tersebut tidak berhasil?", mungkin mainboard/motherboard sahabat memang sudah tidak tertolong dan sahabat memang belum beruntung. Coba lagi dengan motherboard/mainboard lain, namun setidaknya jika tidak berhasil sahabat juga tidak akan rugi, karena motherboard/mainboard tersebut sudah tidak bekerja sebagaimana mustinya dan mungkin sahabat menganggap sudah layak untuk dibuang. Cara ini dapat sahabat lakukan dan siapa tahu dari sekian koleksi motherboard/mainboard sahabat yang rusak, sahabat bisa hidup kembali dan bisa dipakai kembali seperti mainboard/motherboar baru bahkan mungkin bisa sahabat sumbangkan pada orang miskin, atau sahabat mungkin bisa menjualnya kembali dengan harga murah!!!!

Semoga postingan dari galery catatan ini bermanfaat buat para sahabat semua!!! salam blogger..!!!!

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Mencuci Motherboard Dengan Air!!
Ditulis Oleh https://galerycatatan.blogspot.com/
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Mencuci Motherboard Dengan Air!! ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan Artikel Ini :

25 komentar:

  1. mantap gan,,, ^_^ kayaknya bisa ane coba nih,,, :) thanks infonya gan,,,

    BalasHapus
  2. cara yang bisa dibilang ekstrim ,, tapi sangat bermanfaat ,, kapan" saya coba kalo motherboard saya rusak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok lah gan!!!! terimakasih atas kunjungannya!!!!

      Hapus
  3. MANTAP GAAN :) FOLLOW YA ??

    BalasHapus
  4. nice artikel gan, visit yo www.nurilhuda4.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimkasih atas kunjungannya gan!!!!!! pasti tak kunjungi blog agan!!!!!

      Hapus
  5. Waduhh, baru dengar kalí ìni gan, tp oke bgt drpd mb di buang mndng jalanin ni trik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ea gan dicoba aja dulu!!!!!! siapa tahu berhasil!!!!!!!!! terimkasih atas kunjungannya gan!!!!

      Hapus
  6. kqkqkq.. kerjaan gw dulu waktu bersihin motherboard2x jadul yang disangka rusak. sekali cuci kadang bener lagi.. biasa ada kerak nempel di elco aja

    Bank Mandiri Bank Terbaik di INdonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gtu ya gan!!!! sep dah!!!!! terimakasih atas kunjungannya gan....!!!!

      Hapus
  7. ndak koslet kh itu ...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya D jemur dulu gan sampai airnya bener2 kering!!!!!

      Hapus
  8. wah,
    kebetulan ada MB jadul yang udah ga hidup

    BalasHapus
  9. Tapi berhasil gak gan

    BalasHapus
  10. Ini mb saya lemot kira" rusak tidak pak

    BalasHapus
  11. Ini mb saya lemot kira" rusak tidak pak

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para saahabat semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih!!!

Arsip

 
StatsCrop
Page Rank Checker
My Ping in TotalPing.com