Penentuan Awal Ramadan 1435 Hijriyah Diikuti Semua Pihak Himbauan Mentri Agama

 
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menggelar sarasehan organisasi Islam dan para ahli astronomi untuk mencari titik temu awal Ramadan 1435 Hijriyah di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis, 26 Juni 2014.

Menteri Agama menentukan awal bulan Qamariyah, terutama Ramadan, Syawal dan Zulhijjah, menjadi tugas dan kewajiban pemerintah yang dilakukan Kementerian Agama.

"Sejak 1962, atas nama Pemerintah, Kemenag melakukan Sidang Isbat (penetapan) awal bulan. Di mana hasil hisab dan rukyat hilal, dikaji bersama. Baik oleh Kemenag, ormas Islam, perguruan tinggi, dan lain sebagainya, untuk memberi pertimbangan sebelum Menteri Agama mengambil keputusan.

Menurutnya, pemerintah berkewajiban menetapkan satu Ramadan dan satu Syawal karena negara bertanggung jawab terhadap mayoritas umat Islam yang membutuhkan kepastian hukum dalam menjalankan ibadah puasa.

"Kita harapkan sarasehan ini ada titik temu mengenai metode penentuan dan penglihatan hilal sebagai tanda awal Ramadan dan Syawal. Sehingga tidak ada lagi perbedaan.

Kata Lukman, keputusan Menteri Agama harusnya bersifat resmi dan mengikat, agar umat mempunyai kepastian dan tidak tercerai berai. Meski demikian, jika ada masyarakat yang berbeda dengan keputusan Pemerintah, Lukman sangat berharap agar perbedaan itu tidak menyebabkan konflik.

Diakui Lukman, dalam penentuan awal bulan Qamariyah, baik di Indonesia maupun di beberapa negara Islam, sering kali terjadi perbedaan. Dampaknya, rentan terjadi gesekan di masyarakat.

"Kita berupaya sedapat mungkin agar persamaan itu dicapai. Kalau tidak bisa juga, ya tentu masing-masing dari kita harus berjiwa besar untuk toleran," katanya.

Menurut dia, adanya perbedaan itu terjadi karena banyaknya sistem hisab yang berkembang di masyarakat dan kriteria-kriteria yang digunakan. Selain itu, kata dia, tidak bisa diingkari kaitannya dengan sisi sosial astronomis maupun sosial agama yang mengiringi penetapan tersebut.

Adapun sidang Isbat penentuan awal bulan Ramadhan tahun 1435H/2014M akan dilakukan pada Jumat besok 27 Juni.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sidang Isbat ini tidak akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi. Namun hasil sidangnya akan disampaikan langsung melalui konferensi pers secara terbuka, seusai pelaksanaan sidang.Galery catatan

Sumber "http://nasional.news.viva.co.id/news/read/516274-menteri-agama-harap-penentuan-awal-ramadan-diikuti-semua-pihak?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook"

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Penentuan Awal Ramadan 1435 Hijriyah Diikuti Semua Pihak Himbauan Mentri Agama
Ditulis Oleh https://galerycatatan.blogspot.com/
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Penentuan Awal Ramadan 1435 Hijriyah Diikuti Semua Pihak Himbauan Mentri Agama ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan Artikel Ini :
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para saahabat semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih!!!

 
StatsCrop
Page Rank Checker
My Ping in TotalPing.com