Menghapus Instalasi Dobel Pada saat Booting Windows XP



Menghapus Instalasi Dobel Pada saat Booting Windows XP


Ok ni ada lagi dari kami Galery catatan, kali ini kami akan membahas bagaimana Cara Menghapus Instalasi Dobel di saar bootingWindows. Masalah ini merupakan sesesuatu yang membuat kita bingung saat booting dobel yang sering kita jumpai ketika melakukan install ulang windows XP. Sebelum instalasi, Windows melakukan pengecekan sistem operasi yang telah terinstal.

Nah masalah ini akan muncul bila kita salah memilih partisi yang akan kita tempatkan system operasi (windows Xp). Dari kesalahan memilih partisi tersebut maka akan ada dua, tiga bahkan empat Windows XP di dalam PC sahabat!. 

Gejalanya akan muncul pilihan pada saat computer booting dan akan menampilkan opsi pilihan windows seperti pada gambar dibawah ini!!!!
Hal ini terjadi karena para sahabat keliru menempatkan partisi untuk system atau bisa juga instalasinya windowsnya tidak sempurna!!!!!

Ada cara untuk menghilangkan salah satu OS yang tidak diinginkan tersebut sehingga setiap kali log on windows kita tidak perlu melakukan pemilihan OS untuk log on.

Untuk menghilangkannya tidak bisa cuma dengan menghapus direktori WINDOWS. So? Pertama kali kita harus masuk ke instalasi yang benar. Setelah itu cari file boot.ini yang terletak di DRIVE C.

Sebelum mengubah file boot.ini, sebaiknya Sahabat mem-backup dahulu file tersebut. Bila terjadi kesalahan, Sahabat hanya perlu mengganti file boot.ini yang salah dengan file backup boot.ini. Hapus salah satu baris di bawah [operating systems]. Baris yang dihapus merupakan instalasi windows xp yang ingin dihapus. Perhatikan bagian default. Bagian ini harus mengacu pada instalasi yang ingin dipertahankan. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.

Restart komputer Sahabat. Bila proses booting lancar (tanpa ada pilihan dua sistem operasi), Sahabat dapat menghapus file instalasi windows yang sudah tidak diperlukan.

atau Sahabat juga bisa menggunakan cara berikut ini.

Untuk menghilangkan salah satu boot os dapat dilakukan dengan meng-edit file boot.ini. Caranya :
klik Start –> Run –> ketikkan : c:/boot.ini –>> ok atau Enter
maka akan terbuka file boot.ini dalam bentuk notepad :


[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Windows XP Professional” /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS=”Windows XP Professional” /fastdetect


delete salah satu dari dua OS yang ter-list di file boot.ini (menurut pengalaman kasus yang sering ada, OS yang bermasalah selalu installasi OS yang pertama bukan yang terkahir, maka yang harus di delete adalah list no 2). Setelah di delete save kembali file boot.ini (simpan saja dengan pilihan save dan bukan save as).


Selamat mencoba!!!!!! By. Galery catatan.


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Menghapus Instalasi Dobel Pada saat Booting Windows XP
Ditulis Oleh https://galerycatatan.blogspot.com/
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Menghapus Instalasi Dobel Pada saat Booting Windows XP ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan Artikel Ini :

1 komentar:

  1. kok number 2 ..???
    bukannya yg sering terjadi kesalahan pada OS yg pertama.,.
    "(menurut pengalaman kasus yang sering ada, OS yang bermasalah selalu installasi OS yang pertama bukan yang terahir, maka yang harus di delete adalah list no 2)"
    kenap no 2..???
    jadi bingung ni gan

    tolong jelasin dong gan..???

    BalasHapus

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para saahabat semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih!!!

 
StatsCrop
Page Rank Checker
My Ping in TotalPing.com