Analytical hierarchy Process






Apa kabar sahabat Galery catatan??? Nich kami gak bosen2 tuk posting sesuatu di dalam blog ini pastinya setelah sebelumnya kami memposting Gambar Ilusi optik,  tentunya kami memposting ini buat para sahabat semua yang mungkin membutuhkan suatu referensi!!! Nah Kali ini Galery catatan akan memposting dengan judul “Analytical hierarchy Process (AHP)” dimana AHP ini adalah sebuah metode untuk pendukung keputusan!!!!!! Untuk lebih jelasnya, para sahabat bias di simak nich penjelasannya dibawah !!!!!

  1. Pengertian AHP

Analytical HierarchyProcess (AHP) merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. AHP menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki. Menurut Saaty (1993), hirarki didefinisikan sebagai suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi level dimana level pertama adalah tujuan, yang diikuti level faktor, kriteria, sub kriteria, dan seterusnya ke bawah hingga level terakhir dari alternatif.  Dengan hirarki, suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan  sistematis.




Layaknya sebuah metode analisis, AHP pun memiliki kelebihan dan kelemahan dalam system analisisnya. Kelebihan-kelebihan analsis ini adalah :

  • Kesatuan (Unity)

AHP membuat permasalahan yang luas dan tidak terstruktur menjadi suatu model yang fleksibel dan mudah dipahami.

  • Kompleksitas (Complexity), AHP memecahkan permasalahan yang kompleks melalui pendekatan sistem dan pengintegrasian secara deduktif.
  • Saling ketergantungan (Inter Dependence)

AHP dapat digunakan pada elemen-elemen sistem yang saling bebas dan tidak memerlukan hubungan linier.

  • Struktur Hirarki (Hierarchy Structuring)

AHP mewakili pemikiran alamiah yang cenderung mengelompokkan elemen sistem ke level-level yang berbeda dari masing-masing level berisi elemen yang serupa.

  • Pengukuran (Measurement)

AHP menyediakan skala pengukuran dan metode untuk mendapatkan prioritas.

  • Konsistensi (Consistency)

AHP mempertimbangkan konsistensi logis dalam penilaian yang  digunakan untuk menentukan prioritas.

  • Sintesis (Synthesis)

AHP mengarah pada perkiraan keseluruhan mengenai seberapa diinginkannya masing-masing alternatif.

  • Trade Off

AHP mempertimbangkan prioritas relatif faktor-faktor pada sistem sehingga orang mampu memilih altenatif terbaik berdasarkan tujuan mereka.

  • Penilaian dan Konsensus (Judgement and Consensus)

AHP tidak mengharuskan adanya suatu konsensus, tapi menggabungkan hasil penilaian yang berbeda.

  • Pengulangan Proses (Process Repetition)

AHP mampu membuat orang menyaring definisi dari suatu permasalahan dan mengembangkan penilaian serta pengertian mereka melalui proses pengulangan.



Sedangkan kelemahan metode AHP adalah sebagai berikut:

  • Ketergantungan model AHP pada input utamanya. Input utama ini berupa persepsi seorang ahli sehingga dalam hal ini melibatkan subyektifitas sang ahli selain itu juga model menjadi tidak berarti jika ahli tersebut memberikan penilaian yang keliru.
  • Metode AHP ini hanya metode matematis tanpa ada pengujian secara statistik sehingga tidak ada batas kepercayaan dari kebenaran model yang terbentuk

Aplikasi AHP

Beberapa contoh aplikasi AHP adalah sebagai berikut:

  1. Membuat suatu set alternatif;
  2. Perencanaan
  3. Menentukan prioritas;
  4. Memilih kebijakan terbaik setelah menemukan satu set alternatif;
  5. Alokasi sumber daya
  6. Menentukan kebutuhan/persyaratan;
  7. Memprediksi outcome;
  8. Merancang sistem;
  9. Mengukur performa;
  10. Memastikan stabilitas sistem;
  11. Optimasi;
  12. Penyelesaian konflik



Selesai dech tentang  sedikit penjelasan tentang AHP atau Analytical hierarchy Process! Jangan lupa yang sukan di like ya atau comment juga boleh!!! Salam blogger dari kami Galery catatan.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Analytical hierarchy Process
Ditulis Oleh https://galerycatatan.blogspot.com/
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Analytical hierarchy Process ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan Artikel Ini :

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Kenapa bingung gan??? AHP tu sebuah metode pendukung keputusan gan!!!! metode itu nantinya diterapkan pada bahasa pemerograman!!!! misalnya kita mau membuat sebuat program / aplikasi penentuan penerima beasiswa, nah metodenya menggunakan AHP, kira2 begitu gan..!!!!

      Hapus
  2. bung, saya bisa minta dikirimin gak software, tutorialnya, tolong ya gan dah mentok banget nih

    BalasHapus

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para saahabat semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih!!!

 
StatsCrop
Page Rank Checker
My Ping in TotalPing.com